Selasa, 27 Mei 2008

Dengan Canopus Edius-4, editing video 8 Angle gak masalah

Edius4_ttlSaat menjalankan Edius 4 pertama kali, tampak tidak ada yang berbeda dengan versi sebelumnya. Tambahan yang terasa adalah sistem menu yang semakin bagus, sangat memudahkan mencari feature yang dulu ada namun tersembunyi. Interfacenya sendiri memang didesain untuk digunakan pada multi monitor, sehingga akan nampak berjejalan walaupun sudah menggunakan resolusi layar 1600×1200. Selain itu dengan satu monitor, besar kemungkinan child windows saling overlap.

Proses capture berjalan sangat mulus hanya dengan menggunakan port firewire biasa. Meskipun HDV didukung, namun bila menggunakan OHCI ini sinyal HDV akan ditranscode secara realtime menggunakan codec Canopus HQ. Dengan codec ini qualitas warna lebih bagus dari native DV. Edius mempunyai kelebihan lain dibanding matrox RT.X2 yang hanya dapat menangani HDV 1440×1080, Edius 4 dapat menangani HDV 1920×1080.

Dalam percobaan menggunakan dual 2GB 246 Opteron oleh trustedreview, Edius dapat melakukan mixing lima track DV dalam real time. Sedangkan bila dalam HD dapat melakukan dua track dengan efek 3D PiP filter diakatifkan. Dalam hal multi camera angle, Edius 4 lebih unggul dengan kemampuannya mengedit delapan angle, dibanding Adobe Premiere Pro2 yang hanya empat angle. Hal baru yang lain adalah kemampuan untuk merubah speed dalam satu klip secara dinamik. Fasilitas ini sangat berguna dalam pembuatan iklan yang biasanya dibatasi dengan durasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Berbeda dengan Avid Liquid, Edius 4melakukannya dalam real time.

Untuk sebuah produk yang boleh dikatakan belum sedewasa pesaing-pesaingnya, Edius 4 layak mendapat acungan jempol. Mengedit video secara realtime tanpa hardware menjadi pertimbangan menarik, dibanding dengan program editing lain yang harus menggunakan hardware. Perlu dicatat juga bahwa Edius sangat stabil, hampir tidak pernah mengalami crash. Untuk editor yang lebih serius tetap dapat menggunakan bundle hardware yang akan mendongkrak kinerja dan tambahan satu atau dua layer realtime.

Tidak ada komentar: