Sabtu, 03 November 2007

Qur'an-Bot di Yahoo! Messenger

Sebuah kabar baik :

Bagi yang mau terjemahan al-qur'an secara cepat dalam bahasa Inggris dan atau Indonesia. Ini dia caranya: 1. Login ke Yahoo! Messenger 2. Add "quran.noble" di list YM-mu, dia akan merespon secara otomatis 3. selanjutnya sesuai status dia, ketik "help" and get started! Coba yang simple dengan mengetik "quran id 1 3″" —> id = bhs indonesia surat ke 1 ayat 3 dan hasilnya seperti nampak pada skrinsut. Kalo tidak pakai id terjemahan yang keluar dalam bahasa Inggris jika ingin dalam arabic cukup dengan mengetik "quran ar 1:1-7".

Langsung saja, saya aktifkan Yahoo! Messenger dan menginvite ID quran.noble. Setelah terinvite, saya mengetikan kalimat: "Help and get started" (tanpa tanda petik) dan disitu dijelaskanlah aturan mainnya.

Sangat praktis bagi anda yang ingin menyalin isi Al Qur'an baik dalam bahasa Arab maupun terjemahannya, karena cukup dengan copy-paste saja. Namun anda harus mengaktifkan fungsi karakter Arabic di komputer anda yang langkah-langkahnya pernah kita bahas disini.

Sesuai judul di atas, Qur'an-Bot yang saya maksud adalah karena ID tersebut merupakan robot sehingga anda tidak bisa bercakap-cakap sebagaimana ID yang berada di list anda pada umumnya. Untuk info selengkapnya, anda bisa kunjungi situs pembuatnya dengan alamat http://quran.noble.googlepages.com/ atau e-mail quran.noble@gmail.com.

Ini sedikit screenshotnya:


Quran Noble di Y!M

Tidak ada komentar: